Kamis, 17 Februari 2011

Lebih Lanjut Mengenai Penerapan Geographical Information System di Badan Pertanahan Nasional Swedia


     Geographical Information System di     Badan Pertanahan Nasional Swedia


Lantmateriet adalah lembaga yang mempunyai database geografis dan pemetaan terbesar yang mempunyai tugas mengatur dan mengelola penggunaan tanah dan air, serta mempunyai tugas utama menyediakan informasi geografis, informasi tanah, pengukuran batas - batas tanah dan teknik informasi geografis.

Tantangan terbesar dari Lantmateriet adalah bagaimana memberikan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan konsumen. Informasi Geografis ini mempunyai peran penting sebagai dasar berbagai aktivitas bisnis dan hampir semua industri membutuhjan peta geografis untuk melakukan aktivitasnya, misalnya perusahan riset membutuhkan pembagian informasi geografis yang terukur untuk menentukan penyebaran risetnya.

Tujuan utama dari inisiatif e-Government adalah memberikan perbaikan kualitas terus menerus dari pemerintah terhadap layanan yang diberiakn kepada masyarakat. Salah satu yang diinginkan adalah bagaimana masyarakat bisa mendapatkan akses layanan ini sebesar - besarnya tanpa harus terbatas oleh tempat dan waktu. Salah satu solusinya adalah memberikan fasilitas layanan tersebut melalui website.

Banyak hal yang mendukung operasional layanan ini, salah satunya adalah karena infrastruktur jaringan komputer yang baik pada masyarakat Swedia dan didukung pula oleh penetrasi internet yang cukup besar. Masyarakat sudah terbiasa menggunakan internet sebagai proses komunikasi dan transaksi, maka ketika layanan ini diluncurkan, mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat.

LAYANAN YANG ADA SECARA ON LINE
Layanan yang bisa diberikan secara On Line melalui Website pada dasarnya bisa dibedakan menjadi 4 (empat) tingkatan,  yaitu :
1. layanan yang sifatnya hanya menyebarkan informasi kepada publik
2. Masyarakat sudah mulai bisa melakukan komunikasi tetapi masih satu arah
3. Komunikasi dan interaksi dua arah, dimana masyarakat sudah bisa melakukan proses verifikasi dokumen ataupun otentifikasi
4. Tingkatan transasksi, dimana masyarakat bisa melakukan transaksi pembelian produk    melalui internet

Layanan yang bisa diakses On Line adalah :
1. Mapstore, adalah layanan penjualan peta secara on line, masyarakat bisa membeli peta seluruh kawasan Swedia melalui internet dan membayarnya melalui fasilitas kartu kredit.
2. Mapsearch & Geographical Name, adalah fasilitas yang diberikan leway website dimana masyarakat bisa mencari dan memperbesar skala pada suatu peta.
3. Historical Map, adalah layanan yang menyediakan peta digital dari kawasan negara Swedia pada zaman dahulu kala.
4. Your Map, adalah fasilitas dimana masyarakat bisa mendownload peta digital suatu objek tertentu yang akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau personal.
5. Image Net, adalah layanan dimana masyarakat bisa mendapatkan foto kualitas tinggi dari satelit EROS A1 yang dimiliki Swedia.
6. Swedelmag, berisi foto - foto penting tentang bangunan dan kawasan geografis di seluruh Swedia.
7. Property Search, menyediakan hampir semua informasi mengenai properti di seluruh kawasan Swedia.
8. Real Property Baromater, layanan yang berisi informasi tentang perbandingan harga dari seluruh properti di kawasan Swedia.

BEBERAPA MANFAAT YANG BISA DIPEROLEH
1. Pemerintah bisa memberikan informasi geografis dan mengembangkan jaringan dalam industri properti secara lebih luas.
2. Pemerintah bisa memberikan sesuatu yang terbaik buat masyarakat sesuai kebutuhan masing - masing
3. Masyarakat bisa memilih sendiri dan melakukan aktivitasnya dimanapun berada

Swedia tidak akan berhenti pada titik ini, tetapi akan terus berkembang dimasa mendatang seiring dengan loncatan teknologi ayang ada.

8 komentar:

  1. Beberapa manfaat penerapan Geographical Infprmasi sistem antara lain Pemerintah bisa memberikan informasi geografis dan mengembangkan jaringan dalam industri properti secara lebih luas, Pemerintah bisa memberikan sesuatu yang terbaik buat masyarakat sesuai kebutuhan masing - masing, Masyarakat bisa memilih sendiri dan melakukan aktivitasnya dimanapun berada. Bisa nggak ya hal tersebut diterapkan di Indonesia?

    BalasHapus
  2. knpa ya kita selalu kalah inovasi sama negara eropa??
    seandainya yang diterapkan swedia bisa diterapkan di indonesia, ga kebayang gimana mudahnya fasilitas layanan publik bisa didapatkan oleh masyarakat.

    BalasHapus
  3. dengan adanya Lantmateriet yang mempunyai database geografis dan pemetaan terbesar yang mempunyai tugas mengatur dan mengelola penggunaan tanah dan air, serta mempunyai tugas utama menyediakan informasi geografis, informasi tanah, pengukuran batas - batas tanah dan teknik informasi geografis.
    sehingga dapt diketaui potensi dari negara yang memungkinkan investor asing untuk menanamkan modalnya. juga memberikan data tentang kondisi lingkungan yang memungkinkan untuk antisipasi kerusakan lingkungan.

    BalasHapus
  4. bagus juga tuh kalau sekiranya diterapkan diindonesia...indonesia kan negara kepulauan dan katulistiwa yang sangat potensial secara geograpis, segala potensi kewilayahan tentunya akan mampu tergali.... kira kira kapan ya di indonesia ?

    BalasHapus
  5. pak eko... sebenarnya bisa saja sie, selama pemerintah memiliki komitmen untuk dapat terus menerus memberikan pelayana yang terbaik kepada masyarakat kita, dan tentu saja hal ini juga perlu diimbangi oleh kesadaran kita semua dalam menggunakan teknologi informasi secara benar.

    BalasHapus
  6. wah...tul banget tuh dek testy, kita gak perlu repot repot untuk mencari informasi properti termasuk perbandingan harganya ataupun peta alamat yang terpencil sekalipun.

    BalasHapus
  7. betul mas Muhson, mereka tidak perlu susah untuk mencari penyebaran tempat untuk keperluan industri juga tentunya, dan negaranya pun menjadi semakin berkembang

    BalasHapus
  8. hehehehe, mas Anis, kalo berangan - angan sie boleh aja, kapannya...masih lama sekali sepertinya, karena belum ada komitmen dari pemerintah untuk memberikan layanan terbaik kepada kita kita...

    BalasHapus